Mengenal Pipa PPR Beserta Fungsi dan Kegunaan

Mengenal Pipa PPR Baik itu pada perumahan, maupun pada skala industri maka kebutuhan akan pipa selalu saja ada. Terdapat banyak sekali jenis pipa itu, salah satunya adalah pipa PPR. Nah simak pembahasannya berikut ini.

Daftar Isi Mengenal Pipa PPR
  1. Apa Itu Pipa PPR
  2. Fungsi Kegunaan Pipa PPR
  3. Kelebihan Pipa PPR
  4. Higienis
  5. Sistem Sambungan Beraneka Ragam
  6. Tahan Abrasi
  7. Permukaan dalam Licin
  8. Lentur dan Tahan Gempa
  9. Meredam Bising
  10. Ringan
  11. Hemat Waktu dan Biaya Pemasangan
  12. Ramah Lingkungan
  13. Jenis Pipa PPR
  14. Proses Penyambungan Pipa PPR



Apa itu Pipa PPR

 
Mengenal Pipa PPR Beserta Fungsi dan Kegunaan
Mengenal Pipa PPR Beserta Fungsi dan Kegunaan

Pipa PPR merupakan salah satu produk pipa thermoplastik yang memiliki karakter yang khusus, yakni antara lain mempunyai sifat  yang mampu untuk mengalirkan air dengan suhu dan tekanan yang tinggi. Pipa jenis ini disebut sebagai pipa PP R ataupun PP R pipe karena pipa ini terbuat dari bahan baku yang berupa Polypropylene Random atau PP R type 3. Sedangkan untuk saluran air panas atau dingin maka standarnya adalah pipa thermoplastic yang dengan menggunakan bahan baku berupa PP R 80. Pipa jenis tersebut tersedia di pasaran dengan varian dari diameter ½ inci hingga 6 inci, lalu dengan panjang optimal adalah 4 meter per batangnya.

Produk PPR Pipe di Indonesia ini ditawarkan dengan warna dominan hijau, meskipun demikian, ada juga beberapa merk yang menawarkan produk jenis ini dalam pilihan warna lain, yakni seperti putih dan juga abu-abu. 

Fungsi dan Kegunaan Pipa PPR


Pipa PPR ini dapat digunakan untuk beragam penggunaan, yakni  antara lain, bisa digunakan dalam saluran sanitasi baik itu sistem sanitasi di lingkungan rumah, atau rumah sakit, maupun untuk skala industri, juga perhotelan dan  bangunan yang lainnya. Pipa PPR juga dapat digunakan untuk saluran udara yang dengan tekanan, serta untuk saluran air minum serta saluran makan cair, juga bisa untuk kebutuhan di bidang pertanian atau agrikultur, serta juga untuk saluran kimia asam maupun cairan agresif, dan juga bisa untuk saluran pendingin pada AC atau air conditioner.

Kelebihan dan Keunggulan Pipa PPR


Pipa PPR tersebut mempunyai banyak keunggulan, terutama untuk penggunaannya di saluran air panas maupun dingin bertekanan yang menunjang kebutuhan sanitasi. Adapun keunggulan lainnya adalah sebagai berikut.

Higienis


Bahan bakunya yang sifatnya tidak mudah menjadi rusak membuat produk  PPR Pipe ini menjadi higienis, sehingga dengan demikian maka bisa menjadi aman jika digunakan untuk pemakaian di saluran air bersih yang bersuhu tinggi dan juga bertekanan.

Sistem Sambungan yang Beraneka Ragam


Sistem penyambungan untuk pipa PPR ini setidaknya dapat dilakukan dengan dua cara dan juga telah didukung dengan ratusan jenis aksesoris yang terdiri dari beragam diameter. Pertama adalah dengan sistem penyambungan ulir. Aksesoris sistem ulirnya ini biasanya akan dibutuhkan dalam proses penyambungan pipa dengan pipa berjenis lain, ataupun dengan aksesoris yang lain, yakni seperti valve dan lain sebagainya.

Tahan Abrasi


Abrasi itu merupakan salah satu unsur perusak dan menjadi penyebab dari usia penggunaan suatu pipa itu menjadi lebih pendek. Pipa jenis PPR ini mempunyai keunggulan yakni anti abrasi, sehingga masa pakai penggunaannya dapat mencapai hingga jangka waktu melebihi dari masa 50 tahun lamanya.

Permukaan dalam licin


Permukaan pipa PPR yang licin dapat membuat potensi terjadinya penumpukan kotoran menjadi lebih kecil.  Hal ini berbeda dengan jika bagian dalam pipa itu kasar atau tidak licin, sehingga akan membuat kotoran terperangkap di dalam pipa dan lalu terjadi penimbunan. Akibat bagian dalam pipa PPR yang licin tersebut maka pada akhirnya membuat saluran pipa tersebut bisa terbebas dari risiko akan terjadinya penyumbatan akibat penumpukan berbagai kotoran di dalamnya dan lain sebagainya.

Lentur dan Tahan Gempa


Pipa PPR ini juga bersifat lentur. Kelenturan dari produk ini membuat pipa yang terbuat dari bahan PPR tersebut menjadi tahan dari risiko saat terjadi gempa dan juga risiko akan akibat benturan ringan yang dapat terjadi pada sewaktu-waktu.

Meredam Bising


Kebisingan akibat saluran air sudah bukan hal asing lagi bagi suatu saluran air sanitasi. Hal inilah  yang dapat diatasi dan menjadi keunggulan yang lain lagi dari  produk pipa dari bahan PPR tersebut.

Ringan


Pipa PPR ini juga sifatnya ringan. Sehingga karena material bahan baku pipa PPR yang ringan tersebut lantas membuat produk pipa PPR ini menjadi mudah untuk dibawa kemana saja dan juga lebih mempermudah proses instalasinya.

Hemat Waktu dan Biaya Pemasangan


Biaya pemasangan pipa PPR yang ringan ini juga dapat ditekan, karena bobotnya yang ringan tersebut sehingga akan membuatnya menjadi lebih mudah dipindah-pindahkan dalam waktu yang lebih singkat dan tidak memerlukan banyak tenaga. Dengan demikian akan bisa lebih menghemat waktu dan juga biaya.

Daya hantar panas rendah Standar suatu produk pipa air panas yang baik itu ialah sifat akan rambat panasnya yang rendah. Hal ini akan dapat berguna untuk menjaga fluida panas yang lebih lama.

Ramah lingkungan


Bahan baku dari Polypropylene Random tipe 3 ini ialah merupakan salah satu dari antara beberapa jenis bahan plastik yang termasuk kategori ramah lingkungan. Hal ini karena disebabkan karena sifat bahan baku tersebut yang pada dasarnya bahan itu adalah termasuk yang mudah didaur ulang kembali.

Jenis Pipa PPR


Jenis-jenis pipa PPR itu bisa dibedakan berdasarkan pada SDRnya, yakni standard dimensi rasionya, yaitu antara tebal dinding dan juga dimensi luar atau Outside Diameter (OD) dari pipa tersebut. Hal ini akan dapat direpresentasikan dalam suatu bentuk PN atau Pressure nominal.

Pressure nominal itu merupakan ketahanan dari suatu produk pipa terhadap suatu tekanan tertentu. Pada pipa PPR ini terdapat 4 jenis PN yang bisa untuk disesuaikan dengan jenis kebutuhannya, yakni tidak hanya tekanannya saja, namun juga jenis suhu fluida yang akan dialirkan.

Proses Penyambungan Pipa PPR


Penyambungan bisa dilakukan dengan beberapa metode sebagai berikut.

Metode Persenyawaan Sempurna

Penyambungan pipa PPR dapat dilakukan dengan metode persenyawaan sempurna terhadap bahan thermoplastiknya. Metode ini akan memungkinkan pada bagian sambungan akan menjadi memiliki kekuatan yang setara dengan kekuatan pada badan pipa.

Metode Heat Fusion

Penyambungan pipa jenis PPR ini juga memiliki metode yang sama dengan salah satu metode penyambungan pipa HDPE, yakni dengan menggunakan suatu metode heat fusion. Cara ini adalah dilakukan dengan mempergunakan suatu mesin PPR yang khusus yang biasanya dikenal dengan sebutan istilah polyfusion.

Metode Electrofusion

Penyambungan pipa PPR juga dapat dilakukan dengan cara metode electrofusion dengan suatu asesoris PPR yang khusus.

Metode Butt Fussion

Untuk pipa PPR yang berukuran besar, maka pipa PPR tersebut juga bisa disambung dengan menggunakan mekanisme butt fusion. Suatu mekanisme pemanasan yang dengan tujuan untuk persenyawaan yang sempurna, akan membuat sambungan antar pipa PPR menjadi mempunyai kualitas yang luar biasa. Bahkan tidak akan ditemukan sekat pada bagian sambungannya, sehingga bagian tersebut akan mempunyai kekuatan yang seperti badan pipa.

Penanganan yang benar, terutama pada saat proses penyambungannya, yang sesuai prosedur dan rekomendasi akan memungkinkan saluran pipa PPR menjadi memiliki usia penggunaan yang panjang bahkan bisa hingga 50 tahun, dengan kekuatan yang tinggi, dan juga anti bocor, saluran ini juga bisa menjadi bebas biaya perawatan.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai pipa PPR.


Mengenal Pipa PPR
apa itu pipa ppr, mengenal pipa ppr, fungsi pipa ppr, kegunaan pipa ppr
Mengenal Pipa PPR
10/10 stars

Komentar (0)

Posting Komentar